Senin, 19 November 2012

Strategi TI


Strategi TI

Beberapa istilah yang sering digunakan
  • IT Master Plan
  •  Rencana Induk Pengembangan TI
  •  Rencana strategic TI
  •  IT Strategic Planning lainnya

Visi

  • Kemana perusahaan akan dibawa 
  • Apa yang diinginkan perusahaan 
  • Jelas, tegas, menarik 
  • Big Hairy Audacious Goals (BHAG) 
Contoh Visi Pertamina : "Menjadi Perusahaan Gas Kelas Dunia"


Strategi

  • Bagaimana visi dapat dicapai dalam periode waktu tertentu 
  • Penggunaan checkpoint 
  • Benchmark untuk memeriksa efektifitas strategi 
  • Diselaraskan dengan misi dan nilai inti perusahaan 
  • Menjadi jembatan antara visi dan misi

Misi

  • Alasan mengapa TI diterapkan 
  • Tujuan dan fungsi TI 
  • Dikaji ulang untuk mengidentifikasi tema dan ide 
  • Identifikasi nilai inti 
Contoh Misi Pertamina :
1.Menjalankan usaha yang meliputi : Pengadaan, Penimbunan, Pendistribusian, dan Pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
2.Mempertahankan posisi sebagaimana market leader bisnis gas dalam negeri.
3.Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder.


Tujuan Pengembangan 

Alasan yang mendasari suatu organisasi/perusahaan untuk
mengadopsi proses dari strategi SI/TI adalah:
  • Untuk mengidentifikasi dimana SI/TI dapat berkontribusi paling besar sehingga dapat ditentukan prioritas dalam berinvenstasi. 
  • Untuk meningkatkan competitive advantage dari peluang bisnis yang dibuat dengan menggunakan SI/TI. 
  • Membangun sebuah cost-effective.
  • Mengembangkan sumber daya dan kompetensi yang sesuai untuk mengimplementasikan  SI/TI dengan sukses dalam organisasi. 
  • Tujuan inti dari pengembangan strategi SI/TI adalah untuk meyakinkan bahwa nilai yang sebaik mungkin dapat dihasilkan dari investasi SI/TI.  
  • Hal ini dapat dicapai dengan menyelaraskan kebutuhan TI dengan strategi bisnis—keselarasan strategi—dan dengan mengeksplorasi peluang dimana SI/TI dapat berperan dalam meningkatkan keseluruhan keuntungan, produktivitas dan ketangguhan organisasi/perusahaan untuk menghadapi persaingan.  
  • Sebuah organisasi/perusahaan harus fleksibel dan responsif untuk mengantisipasi datangnya ancaman dan peluang yang tidak tentu waktunya.  

Elemen Utama Strategi TI 

  • Technology Fluency
Membangun aktivitas pendukung dan aktivitas pelatihan untuk berbagi keahlian dan pengertian mengenai akuisisi informasi, pengetahuan, media dan distribusinya dalam konteks teknologi.
  • Digital Content Development
Menyediakan dukungan, bantuan teknis dan produksi, serta petunjuk yang akan membantu organisasi/perusahaan dalam memperoleh, menggunakan, mendistribusikan dan mengembangkan konten digital.

  • Universal Access
Menyediakan kemudahan pengaksesan untuk memformulasikan informasi, pengetahuan, media dan penyebarannya.
  • Partnerships
Memfasilitasi dan mengembangkan hubungan internal dan eksternal yang membantu organisasi/perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengimplementasikan tools dan metode teknologi yang mudah diadaptasi dan fleksibel.
  • Community Service
Membantu pengembangan dari kebutuhan insfrastruktur social dan ekonomi.


0 comments :

Posting Komentar