Minggu, 20 Januari 2013

Algoritma - Pengenalan Algoritma

Pengertian Algotirma

Perencanaan dan perancangan program komputer juga disebut pembuatan algoritma. Secara umum, algoritma: "kumpulan urutan perintah yang menentukan operasi-operasi tertentu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mengerjakansuatu tugas". Bila data yang digunakan benar, maka algoritma akan selalu berhenti dengan memberikan hasil yang benar pula. Pembuatan algoritma harus selalu dikaitkan dengan :
  • Kebenaran algoritma, yakni bila program selesai maka hasilnya juga benar.
  • Kompleksitas - lama dan jumlah - waktu proses dan penggunaan memori.

Algoritma program yang baik, bercirikan :

  1. Tepat sasaran: memenuhi spesifikasi pekerjaan dan bekerja sesuai tujuan 
  2. Flexible dan portable: - Flexible untuk dikembangkan lebih lanjut - Portable untuk digunakan pada berbagai sistem dan mesin 
  3. Bersih dari kesalahan sistem ataupun lojik 
  4. Murah
  5. Didokumentasi dengan baik untuk pengoperasian, pemeliharaan dan pengembangan. 
  6. Algoritma merupakan pemberian (description) pelaksanaan suatu proses.Sebuah proses dikerjakan oleh pemroses mengikuti algoritma yang sudah dibuat. Algoritma merupakan urutan langkah instruksi yang logis. Setiap langkahinstruksi mengerjakan suatu tindakan aksi. Bila suatu aksi dilaksanakan, maka operasi atau sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses.
Hasil atau pengaruh suatu aksi diamati dengan membandingkan keadaan sebelum (t0) dan sesudah suatu aksi dikerjakan (t1).

t0: kumpulan data ke 1 .. N belum terurut membesar
Algoritma PENGURUTAN DATA
t1: kumpulan data ke 1 .. N terurut membesar

Aturan Penulisan Teks Algoritma

Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma. Algoritma bukanlah program yang harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Meski demikian, algoritma dituliskan mendekati gaya bahasa pemrograman umumnya. Misal, tulis nilai X dan Y, dituliskan dalam algoritma sebagai write(X,Y). Perhatikan dalam notasi write(X,Y) ini hanya memerintahkan penyajian nilai X ke piranti keluaran (output). Dalam notasi itu juga tidak memasalahkan format ataupun bentuk-bentuk tampilan lainnya, seperti dicetak dalam satu baris X dan Y, pemakaian pemisah antara X dan Y menggunakan koma atau spasi. Hal-hal yang bersifat teknis ini baru dipikirkan waktu penulisan program. Algoritma adalah bebas bahasa pemrograman.

Teks Algoritma

Mengikuti alur konsep pemrograman prosedural, suatu teks algoritma disusun dalam tiga bagian, yaitu:
  1. Bagian kepala algoritma, 
  2. Bagian deklarasi, dan 
  3. Bagian deskripsi algoritma. 
Setiap bagian disertai dengan penjelasan atau dokumentasi tentang maksud pembuatan teks. Bagian penjelasan diawali dan diakhiri dengan simbol { dan }.
  • Algoritma NAMA_ALGORITMA { Penjelasan tentang algoritma yang menguraikan secara singkat hal-hal yang dilakukan oleh algoritma } 
  • DEKLARASI { Semua nama yang digunakan, meliputi nama-nama: tipe, konstanta, variabel. Juga nama sub-program dinyatkan di sini } 
  • DESKRIPSI { Semua langkah atau aksi algoritma dituliskan di sini } 
Contoh:
Kepala algoritma: Algoritma Luas_Lingkaran { Menghitung luas lingkaran dengan ukuran jejari tertentu. Algoritma menerima masukan jejari lingkaran, menghitung luasnya, dan menyajikan hasilnya ke piranti keluaran } Perhatian, dalam menulis nama-nama dalam algoritma harus mempunyai makna yang mencerminkan proses, sifat atau identitas lainnya yang melekat dengan suatu proses, tipe, konstanta, variabel, sub-program dan lain-lainnya.Nama-nama yang bermakna disebut mnemonic.

0 comments :

Posting Komentar