Selasa, 29 Januari 2013

Kecerdasan Buatan - Kecerdasan Buatan Masa Kini

II. Kecerdasan Buatan Masa kini

Dengan semakin cepatnya perkembangan hardware dan software, berbagai produk KB telah berhasil dibangun dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, produk-produk tersebut dikelompokkan ke dalam empat teknik yang ada di KB, yakni : Searching, Reasoning, Planning dan Learning. 

a. Teknik Searching
Teknik ini digunakan untuk pencarian rute optimum untuk memandu seseorang di perjalanan.
Contoh: 
  • Penggunaan komputer yang dilengkapi Global Positioning System (GPS).
Si penumpang tinggal menyebut tempat tujuan, lalu sopir memasukkan tempat tujuan tersebut ke dalam komputer. Seketika itu juga terlihat rute jalan yg harus dilalui. Sang sopir tinggal mengikuti panduan komputer kapan harus belok kiri, kapan harus belok kanan. Sang sopir tak perlu hapal nama jalan. Semuanya dipandu secara otomatis melalui program KB yang ada di komputer dan posisi taksi selalu dipantau oleh satelit GPS yang bisa menentukan posisi taksi berdasarkan koordinat bumi dengan akurasi tinggi.

Produk KB yang lain adalah software Tourguide yg diberi nama TomTom, dapat diinstall ke dalam HP atau PDA. Software ini dapat memandu wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di suatu kawasan.



b. Teknik reasoning 

Teknik ini digunakan untuk melakukan penalaran terhadap suatu masalah yang dialami manusia. Dalam teknik ini, pengetahuan menjadi basis utamanya. 

Contohnya : 


  • Software permainan catur yang disebut HITECH adalah system KB pertama yang berhasil mengalahkan grandmaster dunia, Arnold Danker. 
  • Dalam dunia kedokteran, telah berhasil dibangun sebuah software yang disebut MedicWare yang digunakan untuk merekam catatan medis pasien. MedicWare dilengkapi dengan ribuan pengetahuan tentang jenis, merek, efek samping dan interaksi berbagai jenis obat-obatan.

c. Teknik planning 
Teknik ini digunakan untuk melakukan perencanaan terhadap suatu masalah yang hendak diselesaikan. Di dunia manufaktur dan robotic, teknik planning memainkan peranan yang sangat penting. 

Contohnya : 

  • Optimum-AIV adalah suatu planner (software yang menggunakan teknik planning) yang digunakan oleh European Space Agency untuk assembly atau perakitan, integration atau penggabungan dan verification (AIV) pesawat terbang. 
  • Software tersebut digunakan untuk membuat perencanaan dan untuk memonitor eksekusi terhadap perencanaan-perencanaan tersebut.

d. Teknik learning 

Teknik ini digunakan untuk membuat mesin-mesin otomatis melalui proses pembelajaran dan pelatihan sedemikian rupa hingga bisa menjadi cerdas layaknya manusia. Teknik ini telah diterapkan pada berbagai bidang, seperti transportasi, speech processing, computer vision, robotics dan sebagainya. 

Contohnya: 

  • Sebuah mobil bisa berjalan sendiri tanpa disetir oleh manusia. Hal ini dimungkinkan karena sistem pengendali otomatis telah dirancang sedemikian rupa dengan jaringan syaraf tiruan (JST) yang dilatih dengan berbagai gambar kondisi jalan raya yang ditangkap melalui kamera yang diletakkan di mobil.
  • Dalam bidang speech processing, telah berhasil dibuat berbagai sistem pengenalan suara, pengenalan pembicara dan bahkan sistem speech to speech Machine Translation (S2SMT). Dengan S2SMT, seseorang bisa berbicara dengan orang lain yang menggunakan bahasa berbeda. S2SMT terdiri dari tiga komponen utama, yaitu ”Automatic Speech Recognition” (ASR) yang mengubah suara manusia menjadi teks, Machine Translation (MT) yang menerjemahkan teks suatu bahasa ke dalam teks bahasa lain, dan Text to Speech (TTS) yang mengubah teks menjadi suara.
Alat alat yang menggunakan metode kecerdasan buatan

  • alat bantu membaca untuk tunanetra, mempunyai masukan berupa teks tercetak (misalnya buku) dan mempunyai keluaran berupa ucapan dari teks tercetak yang diberikan.
  • Alat untuk tunawicara

  • Telepon untuk penderita bisu tuli



  • Sistem sensor pada mesin cuci yaitu menggunakan sensor optik, mengeluarkan cahaya ke air dan mengukur bagaimana cahaya tersebut sampai ke ujung lainnya. Makin kotor, maka sinar yang sampai makin redup. Sistem juga mampu menentukan jenis kotoran tersebut daki/minyak.Sistem juga bisa menentukan putaran yang tepat secara otomatis berdasarkan jenis dan banyaknya kotoran serta jumlah yang akan dicuci.
  • Robotika






2 comments :

Posting Komentar