Minggu, 13 Januari 2013

TRO - Metode North West Corner

Metode North West Corner

Metode ini adalah metode yang paling sederhana di antara tiga metode penyelesaian persoalan transportasi. Adapun prosedur atau langkah-langkah metode ini adalah :

  1. Dimulai dari pojok barat laut tabel kemudian alokasikan sebanyak mungkin pada X11 tanpa melebihi dari kendala penawaran atau permintaan (artinya X11 ditetapkan sama dengan yang terkecil diantara nila S1 dan D1).
  2. Tentunya akan menghabiskan penawaran (sumber 1) atau permintaan (tujuan 1) yang mengakibatkan tidak ada lagi barang yang dapat dialokasikan ke kolom atau baris yang telah dihabiskan. Dengan demikian baris atau kolom tersebut dihilangkan. Selanjutnya alokasikan sebanyak mungkin ke kotak di dekatnya pada baris atau kolom yang tidak dihilangkan. Jika kolom maupun baris telah dihabiskan, pindah secara diagonal ke kotak berikutnya.
  3. Dengan cara yang sama, proses dilanjutkan sampai semua penawaran dan permintaan telah terpenuhi. [TAR02].
Permasalahan
Sebuah perusahaan Negara berkepentingan mengangkut pupuk dari tiga pabrik ke tiga pasar. Kapasitas penawaran ketiga pabrik, permintaan pada ketiga pasar dan biaya transport perunit adalah sebagai berikut:



TABEL TRANSPORTASI

0 comments :

Posting Komentar