Sabtu, 22 Juni 2013

Trojan Sudah Ada di Android

trojan android

California – Sebagian besar kalangan di dunia ini tentu saja memiliki anggapan bahwa sistem operasi Android milik Google adalah sebuah sistim operasi yang terbebas dari malware ataupun trojan. Sayang, rupanya anggapan tersebut salah besar. pasalnya, dalam kurun waktu belakangan ini telah ditemukan sebuah trojan yang ternayata mampu melakukan berbagai aktivitas otomatis dan tentu saja sangat merugikan para pengguna Android.

Bgr, Sabtu (8/6/2013) melansir bahwa saat ini, pertumbuhan malware pada Android sudah tidak bisa dikontrol lagi. Bahkan, banyak dari para pembuat malware tersebut telah berhasil menciptakan program yang sangat jahat dan sadis. Salah satu anggota dari tim riset Kaspersky, Roman Unuchek mengungkapkan bahwa timnya telah menemukan satu jenis trojan terbaru.

Selain terbaru, tim Roman juga mengungkapkan bahwa trojan ini merupakan trojan paling canggih yang pernah mereka ketahui selama ini. Trojan yang memiliki nama “Backdoor.AndroidOS.Obad.a” ini dilaporkan memiliki aktivitas yang sangat merugikan bagi para pengguna Android.

Selain mampu mengirimkan SMS otomatis menuju nomor telepon premium, Backdoor.AndroidOS.Obad.a juga bisa mengunduh program malware lain. Tidak hanya itu saja, Backdoor.AndroidOS.Obad.a juga akan secara otomatis meng-install program tersebut pada gadget yang terinfeksi. Bahkan, Backdoor.AndroidOS.Obad.a juga memiliki kemampuan untuk menyebar ke perangkat Android lainnya melalui konektivitas bluetooth.

“Adalah sebuah hal yang sangat langka ketika kami bisa menemukan lokasi Backdoor.AndroidOS.Obad.a,” ujar Roman. Dengan kata lain, lokasi persembunyian Backdoor.AndroidOS.Obad.a sangat tersembunyi sehingga akan sulit bagi kita mendeteksi keberadaannya.

0 comments :

Posting Komentar