Minggu, 04 Mei 2014

Visi Misi Media Sosial dan Inovasi dari Mark Zuckerberg

Inovasi Mark untuk masa depan Facebook

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg. Photo: David Paul Morris/Bloomberg via Getty
Pada hari selasa tanggal 30 April 2014, Mark baru saja berbicara di ajang tahunan F8 (Eff Eight) yang digelar di San Francisco, AS. Mark Zuckerberg menggaris bawahi bahwa masa depan Facebook akan berputar pada pesan instan, wearable device, dan virtual reality (VR). hal tersebut berkaitan erat dengan menurunnya minat pengguna Facebook, sehingga Mark akan melakukan beberapa inovasi baru agar facebook dan yang lainnya tetap menarik.

beberapa inovasi baru untuk masa depan Facebook dan yang lainnya telah dilakukan oleh Mark hal tersebut dapat dilihat dengan pembelian beberapa perusahaan/ akusisi yang dilakukan pada tahun 2013 lalu. Diantaranya seperti  aplikasi fitnes Moves, Layanan Pesan Instan WhatsApp, dan akusisi perusahaan Virtual Reality VR Oculus. dari pengakusisian tersebut Mark berusaha dan berencara untuk membuat aplikasi yang terpisah/ tidak menjadi bagian dari Facebook. seperti WhatsApp, Moves, Facebook massenger.

"Selama ini, aplikasi-aplikasi tersebut terintegrasi dengan cara yang berbeda. Namun kini, kami akan fokus untuk membuatnya lebih menarik di bidangnya masing-masing," aku Zuckerberg.

Langkah tersebut diakui CEO Facebook sesuai dengan strategi platform yang dibuat selama ini.
"Kami percaya bahwa ada banyak cara untuk berbagi konten" kata Mark

Semua aplikasi-aplikasi yang disiapkan Facebook juga diakui tidak bisa dikembangkan sendiri. Mereka juga membutuhkan peran developer. Karena itu, di ajang F8 tahun ini, fokus Facebook lebih ditujukan kepada para pengembang aplikasinya, bagaimana cara mereka memberikan tool yang berguna bagi developer dan meluncurkan produk bagi konsumen.

"Kami akan membuat aplikasi yang paling penting walau di luar itu akan tetap ada banyak aplikasi lain yang dibuat developer kami," terang Zuckerberg.
"Bersama dengan developer dan komunitas, kami ingin mengulas berbagai produk yang telah kami luncurkan agar bisa membantu mereka membuat, mengembangkan, dan menghasilkan uang dari aplikasi yang mereka buat untuk Facebook," terang Zuckerberg, seperti dikutip dari Wired.
Ia mencontohkan, banyak sekali kemungkinan aplikasi yang bisa dikembangkan para developer Facebook, seperti aplikasi yang membutuhkan login Facebook, untuk membaginya ke jejaring sosial, push notification, instalasi aplikasi melalui Facebook, serta tools monetizing dari Facebook untuk mendapatkan keuntungan.

"Komunitas ini akan berkembang menjadi hebat, mengingat jumlah pengguna yang bisa membagi konten apa pun yang mereka inginkan, dengan siapa saja," terang Zuckerberg.

Jejaring Sosial Sebagai Sumber Pengetahuan


Salah satu dari tiga misi Facebook yang pernah dilontarkan oleh Zuckerberg adalah memahami dunia, selain menghubungkan semua orang dan membangun knowledge economy (pengetahuan/teknologi untuk mendapatkan suatu dampak ekonomi).

Dalam upayanya untuk lebih memahami apa yang terjadi di dunia ini, Facebook berupaya untuk membuat jejaring sosialnya sebagai sumber informasi yang dibutuhkan para penggunanya.

"Selama ini orang hanya menganggap jejaring sosial sebagai alat komunikasi, bukan sebagai alat pengetahuan," ujar Zuckerberg. Menurutnya, semua pengetahuan yang mungkin dibutuhkan pengguna, ada di dinding Facebook. "Kemungkinan apa yang mereka cari pun ada dalam struktur basis data kami," kata Mark

Menurut Zuckerberg, dari sekitar 5 hingga 10 persen hal yang dipajang di dinding Facebook, ditanyakan kepada orang lain. Jawaban dari pertanyaan itu mungkin berada dalam sistem Facebook.

"Jika kami bisa menghadirkannya, maka hal itu bisa mengubah cara pandang manusia terhadap jejaring sosial, yaitu bukan sekadar alat komunkasi, namun juga sumber pengetahuan," demikian terang Zuckerberg. Itulah yang melatarbelakangi Facebook membuat fitur Open Graph atau fitur Neraby Friends.

Komunikasi dengan Virtual Reality?

Akuisisi Facebook terhadap perusahaan yang bergerak di bidang virtual reality, Oculus, juga masih menyisakan pertanyaan. Akan diapakan teknologi itu oleh Facebook pada masa depan.

Zuckerberg menanggapi hal tersebut dengan menjelaskan betapa hebatnya teknologi VR itu. Ia lalu mengandaikan jika teknologi VR bisa diproduksi murah dan diintegrasikan di layar smartphone.
"Saya rasa kondisi teknologi dan ekonomi sudah mendukung untuk melakukannya," kata Mark
Selain itu, Zuckerberg juga memberikan petunjuk bahwa teknologi VR juga bisa dimanfaatkan dalam hal komunikasi.

Menurut Zuckerberg, walau dunia game adalah dunia di mana VR akan banyak digandrungi, jika Oculus dan Facebook bekerja sama untuk membawanya ke ranah komunikasi, maka Zukcerberg yakin hal itu akan menjadi sesuatu yang spesial.

"Jika berbicara tentang platform komputasi mainstream, maka komunikasi mungkin menjadi hal yang penting, dan kami sangat berpengalaman di bidang itu," terang Mark
"Sementara itu, Oculus sangat kuat di bidang game. Jika kami bisa menggabungkan dua dunia itu, maka kami bisa membangun sesuatu yang spesial," kata Zuckerberg.
S : http://wrd.cm/1o9wP8z        http://on.fb.me/QIqnKb       http://bit.ly/1s6VsoB         http://bit.ly/1iNsVTu 

2 comments :

Posting Komentar