Minggu, 24 April 2016

Library Agera

Agera Reactive Programming for Android
Halooooo.. Kembali lagi dengan saya Sigit :) berhubung blog ini jarang banget update posting, kali ini saya akan update postingan buat menuh-menuhin isi blog :p pembahasan kali ini yaitu AGERA.. Btw kalian para pembaca udah ada yang tau apa itu Agera? Hmm..Yaa sama laah saya juga blom tau banget tentang Agera hahaha :p maklum lah Agera ini baru juga rilis beberapa hari yang lalu, jadi masih minim banget informasi yang ada di mbah google DAN masih banyak issue yang ada pada Agera ini..Okeey..mungkin saya akan memberikan sedikit informasi yang saya tau tentang Agera ini..

Agera merupakan sebuah sebuah library baru untuk android yang sangat ringan yang membantu menyiapkan data untuk digunakan oleh komponen-komponen pada android seperti activity, view dll yang mempunyai siklus dalam satu bentuk ataupun yang lain. Library Agera ini memungkinkan dapat menggambarkan aliran yang kompleks dan aliran yang dapat mengeksekusi operasi input output secara pararel dengan menggunakan ekspresi tunggal.

Agera dapat disebut juga reactive programming. Kenapa Agera dapat disebut juga reactive programming? karena library ini dapat menggambarkan aliran yang kompleks dan aliran yang dapat mengeksekusi operasi input output secara pararel dengan menggunakan ekspresi tunggal sehingga dengan ekspresi tunggal ini user dapat melihat response time yang cukup cepat dalam satuan milidetik dan dengan uptime 99%. Karena kelebihan ini lah Agera lebih bersifat responsive, elastic, resilint dan message driven sehingga dapat lebih fleksibel dalam proses pengembangan dan scalable apabila terdapat perubahan dimasa depan.

  1. Responsive : Kenapa Agera dikatakan responsive? karena dengan ekspresi tunggal tersebut Agera mampu merespon request dengan cepat.
  2. Elastic : Kenapa Agera dikatakan elastic?? Karena dengan ekspresi tunggal tersebut Agera dapat menyesuaikan perubahan banyaknya request dengan meningkatkan atau menurunkan sumber daya walaupun beban kerja yang tinggi (menyesuaikan kondisi yang dihadapi)
  3. Resilent : Kenapa Agera dikatakan resilent??? Karena dengan sistem yang responsive saat mengalami kegagalan sistem pada beberapa komponen. Komponen yang gagal tersebut akan dipulihkan dan dedelegasikan oleh komponen lain dengan cara mereplikasi komponen komponen tersebut jika diperlukan
  4. Message Driven : Kenapa Agera dkatakan Message Driven???? Karena agera dapat mengeksekusi operasi input output secara pararel (asynchronous) dan membangun batasan antar komponen dengan menggunakan issolation, dan mendelegasikan pesan error sehingga memungkinkan user hanya menggunakan sumber daya sesuai dengan kebutuhan..
Semoga Agera ini dapat berkembang dengan cepat dan issue-issue yang ada cepat di fix sehingga dapat digunakan oleh para developer dikemudian hari O:)  Demikian sedikit informasi yang saya tau dan saya bagikan, semoga berguna buat para pembaca semua. Salam Infromasi ^_^

0 comments :

Posting Komentar