Selasa, 27 Juni 2017

Pengertian E-Commerce Serta Manfaat dan Kekurangan E-Commerce

Pengertian E-Commerce

e-commerce
Electronic Commerce atau yang sering kita sebut dengan E-Commerce dalam dunia internet mungkin sudah banyak yang mendengar istilah tersebut, tapi sebenarnya apa sih itu Electronic Commerce (E-Commerce)?? E-Commerce adalah proses membeli dan menjual produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan komputer yang digunakan yaitu Internet. E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, sistem pengoahan data inventori, pertukaran data elektronik yang dilakukan dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer.

Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-commerce dari beberapa perspektif, yaitu :
1. Proses Bisnis : E-commerce adalah applikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow
2. Komunikasi : E-commerce adalah pengiriman informasi produk, jasa, pembayaran melalui jaringan telepon atau jalur komunikasi lainnya
3. Pelayanan : E-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang
4. Online : E-commerce adalah suatu wadah yang menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasu melalui internet dan jaringan jasan online lainnya

Menurut Yuan Gao dalan  Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), E-commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial.

Menurut Johnny Wong (2010:33), E-commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. media sistem elektronik yang dimaksud oleh Johnny Wong yaitu, televisi, radio, jaringan komputer dan internet 

Menurut Triton (2006), E-commerce adalah perdagangan elektronik dimana kegiatan transaksi membeli atau menjual dilakukan melalui elektronik atau melalui jaringan internet. E-commerce berbentuk sebuah website toko online yang beroprasi 24 jam setiap harinya.

Seluruh definisi yang dijelaskan diatas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa, informasi, dan media internet)

Manfaat dan Kekurangan E-commerce

E-commerce saat ini sangat diminati oleh masyarakat karena memiliki manfaat dan kentungan yang diberikan. manfaat tersebut diberikan baik kepada konsumen maupun pemilik usaha diantaranya yaitu:

Manfaat untuk Pemilik Usaha

1. Pengurangan Biaya Perusahaan

Dengan adanya E-commece pemiliki usaha atau perusahaan tiak perlu mengeluarkan biaya yang lebih dalam menyediakan infrastruktur/tempat/sumberdaya seperti toko atau gedung serta pegawai yang banyak. Hal ini akan akan mengurangi biaya operasional perusaahan dan akan meningkatkan keuntungan yang diperoleh untuk setiap bulannya.

2. Jangkauan Penjualaan Meluas

Dengan adanya E-commerce memungkinkan sebuah pemilik usaha atau perusahaan memiliki jangkauan yang luas untuk menjual produk yang mereka buat kepada calon konsumen karena media yang digunakan yaitu komputer dan jaringan internet. sebagai contohnya: sebuah perusahaan asal Jakarta dapat melakukan promosi untuk produk yang dibuatnya melalui website/toko online yang dimilikinya, kemudian calon konsumen baik dari indonesia maupun luar negeri dapat melihat produk yang dijual oleh toko tersebut melalui website /toko online yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. sehingga dengan media website/toko online tersebut dapat memperluas jangkauan penjualan dar perusahaan tersebut

3. Pengurangan Harga Produk

Dengan adanya E-commerce harga barang dapat ditekan semurah mungkin, dikarenakan E-commerce tidak memerlukan  infrastruktur/tempat/sumber daya yang terlalu banyak seperti manfaat yang sudah dijelaskan diatas sehingga biaya oprasional untuk membuat sebuah produk dapat ditekan.

Manfaat untuk Kunsumen

1. Menghemat Waktu

Dengan adanya E-commerce konsumen dapat menghemat banyak waktu untuk berbelanja karena, tidak perlu jauh-jauh pergi ke tokonya langsung, cukup membuka website toko yang diinginkan, cek barang dan kemudian pesan. dan akhirnya barang akan dikirim oleh penjual.

2. Belanja 24 Jam

Ddengan adanya E-commerce konsumen dapat belanja kapanpun dan dimanapun karena toko online akan buka 24 jam nonstop. Berbeda dengan toko nyata yang biasanya terdapat jam buka dan jam tutupnya.

3. Jangkauan Pembelian Meluas

Dengan adanya E-commerce konsumen dapat membeli produk yang diinginkan tanpa melihat lokasi temapat produk yang ingin dibeli oleh konsumen tersebut. contohnya: konsumen ingin membeli Tas/Baju yang hanya dijual di luar negeri, konsumen dapat membuka website yang menjual produk tersebut, cek barang/ukuran, kemudian pesan. dan akhirnya barang akan dikirim oleh penjual

4. Konusmen dapat Membadingkan Harga

dengan adanya E-commerce konsumen dapat membadingkan harga dari produk yang diingikannya dengan semua toko online yang menjual barang tersebut. sehingga konsumen dapat mengetahui harga termurah dari produk yang ingin dibelinya tanpa susah payah bertanya harga dan mendatangi satu persatu ke toko yang menjual barang yang diinginkannya

Selain manfaat atau kelebihan E-commerce, E-commerce memiliki kekurangan dan kelemahan diantaranya yaitu:

Kekuarangan dan kelemahan E-commerce

1. Barang yang dibeli tidak dapat dilihat langsung oleh pembeli, sehingga keakuratan barang yang dibeli tidak dapat dipastikan 100% sama dengan gambar yang ditampilkan di toko online
2. Barang yang dibeli harus menunggu beberapa hari tergantung dari lokasi penjual berada dan jasa pengiriman yang digunakan.

Demikian pengeritan, manfaat dan kekurangan dari E-commerce, semoga artikel yang dibuat dapat berguna dan bermanfaat untuk para pembaca. Salam informasi (^_^)

0 comments :

Posting Komentar